Dollar AS Merosot Terhadap Berbagai Mata Uang Utama


Dollar AS terkoreksi lemah di hari Rabu seiring kejatuhan harga minyak ke dekat level rendah 13-tahun, sehingga menekan pasar aset berisiko dan kembali memacu penguatan valuta safe haven seperti Yen Jepang.
Terpantau sejauh ini indeks Dollar AS melemah ke 116.72 terhadap Yen, terkoreksi dari sehari sebelumnya di level 118.11 paska rebound harga minyak. Namun penguatan USDJPY hanya berlangsung sementara setelah harga minyak kembali terkoreksi tajam, selain itu Dollar AS juga merosot terhadap Swiss Franc.
Sementara nilai tukar EURUSD juga menguat ke 1.0951, setelah meraih titik tertinggi intraday di 1.0962 dan level terendah hariannya di 1.0903.
Pergerakan nilai tukar masih didominasi sentimen pada harga komoditas dan bursa saham. Setelah harga minyak anjlok ke level terendah nya sejak September 2003, paska IEA melaporkan melimpahnya pasokan minyak dunia masih cenderung bertahan lebih lama, pasar kembali dicemaskan tekanan lebih lanjut pada harga minyak setelah embargo ekspor minyak Iran dihapus. (Sap)

No comments:

Post a Comment